Penilaian Lomba Desa kabupaten Grobogan 2022

09 Juni 2022
Administrator
Dibaca 39 Kali
Penilaian Lomba Desa kabupaten Grobogan 2022

Pemerintah Kabupaten Grobogan menggelar Lomba Desa untuk mengevaluasi perkembangan desa di segala bidang. Beberapa desa yang mendapat perhatian istimewa dan dikunjungi untuk dinilai langsung yakni Desa Jatilor, kecamatan Godong, desa Karangsari di kecamatan Brati, dan desa Geyer di kecamatan Geyer.

Kepala Dispermades Kabupaten Grobogan, Ahmad Haryono menyampaikan bahwa melalui lomba desa ini, diharapkan agar setiap desa dapat menjalankan pelayanan kepada masyarakat dengan lebih baik, tertata rapi dan terukur kinerjanya. Penilaian juga dilakukan pada pelaksanaan pembangunan, ketertiban dan keamanan lingkungan setempat. “Dari sudut pandang kesehatan, dinilai lebih dekat apakah terjadi kematian ibu hamil, kematian bayi dan stunting,” tuturnya saat ditemui di balai desa Geyer waktu mengikuti penilaian lomba desa rabu 8 Juni 2022.

Penilaian yang tidak kalah pentingnya adalah pemanfaatan website desa, demi mewujudkan Smart Village, untuk mengenalkan potensi yang dimiliki, transparansi publik dan transformasi digital terkait pelayanan kepada masyarakat. Selain itu juga dinilai peranan dari kader PKK dengan tujuan terwujudnya tertib administrasi. hal ini sejalan dengan amanah UU Desa no 6 tahun 2014, maupun SPM yang tertuang dalam permendagri no 2 tahun 2017

Ia menambahkan, salah satu pemenang lomba desa, nantinya akan diikutkan di tingkat Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2022. “Bagi desa yang belum berpartisipasi dalam lomba desa atau evaluasi perkembangan desa, supaya di tahun-tahun mendatang memiliki niat dan semangat untuk ikut. Manfaatnya pun akan bisa dirasakan oleh masyarakat, karena desanya semakin dikenal daerah lain, karena potensi luar biasa yang dimiliki,” pungkasnya.

Lebih lanjut, kepala Dispermasdes juga menyampaikan agar Dana Desa yang disalurkan kepada desa melalui Dispermasdes dan didampingi oleh Pendamping Desa, bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kepentingan masyarakat desa, membangun tidak hanya infrastruktur tetapi juga digunakan untuk peningkatan kapasitas masyarakat, peningkatan ekonomi dan lain sebagainya.

Pada sambutannya, camat Geyer Oetojo, SIP., menyampaikan ucapan selamat datang  dan terima kasih kepada Tim Penilai dari tingkat Kabupaten. Geyer yang selama ini dianggap daerah pinggiran dan tengah hutan, sudah saatnya bangkit menjadi lebih baik di bidang pemerintahan maupun ekonomi, agar kesejahteraan masyarakat terus meningkat di kecamatan Geyer dan desa Geyer khususnya. Camat Geyer juga berharap desa Geyer bisa menjadi juara satu dan menjadi perwakilan kabupaten Grobogan mengikuti lomba desa di tingkat provinsi Jawa Tengah.